Cara Update Aplikasi Dapodikdas Patch 207

Pastikan Aplikasi Dapodikdas di Komputer/Lepi OPS sudah terinstal Pacth 207, aplikasinya apakah sudah 207c buka drive c > program file > Dapodikdas > Config > Instal. tapi sebelumnya pastikan di pacth 206 data PD dan PTK untuk Nama dan Tanggal lahir sudah valid. karena di Pacth 207 Nama dan Tanggal Lahir akan dikunci oleh sistem.
Baik tanpa basa-basi karena sudah basi sebenarnya tentang Cara Update Aplikasi Dapodikdas Patch 207 ini, saya yakin semua OPS sudah secara mandiri melakukan update di Pacth 207
Bagi yang saat ini masih ada PTK yang belum keluar SKTP, maka lakukan pembetulan datanya di Aplikasi Dapodikdas Patch 207 selanjutnya di Sinkronkan. tunggu kurang lebih 3 hari data akan berubah di Info PTK. berikut kami sampaikan Jadwal Singkronisasi :
Beberapa pemecahan masalah yang belum keluar SKTP adalah NIP berbeda dengan tanggal lahir, NIP Berspasi, Sekolah Induk tidak diketahui, JJM ridak linier/kurang, dan bahkan secara teknis tidak bisa singkron, silahkan simak beberapa penyelesaiannya permasalahan tersebut :
  1. Kenapa tidak bisa sinkron di Apilkasi Dapodik versi 2.07 ? Jawabannya Pastikan Pacthnya adalah Pacth 207c.
  2. Sudah melakukan sinkron menggunakan 2.07c namun belum ada perubahan di Lembar Info PTK ?Jawabannya, P2TKDIKDAS belum menarik penuh singkron untuk di gunakan dalam validasi data di P2TK DIKDAS.
  3. Data saya sudah valid, namun SK TPP Belum terbit ? Jawabannya Kami Mengeluarkan SK TPP Secara Bertahap Sesuai Dengan Usulan Hasil Verifikasi Dinas Pendidikan Kab/Kota.
  4. Data saya sudah valid, Data sudah di Usulkan OP Dinas tapi SK TPP blm terbit ?
    Jawabannya masih ada kelengkapan data yang belum lengkap Misal (No Rekening blm terbentuk oleh pihak bank yang sudah melakukan MOU, NIP bermasalah, Golongan dan Masa kerja yang aneh).
  5. Data sudah valid, data sudah di usulkan dan SK TPP sudah terbit tapi Dana Tunjangan belum ada di rekening ?
    Jawabannya ..
    Proses Pencairan memerlukan waktu, Maka Wait n See. dijamin uang tidak akan ilang kalo sudah keluar SKTP.
  6. NIP dan Tanggal Lahir berbeda dikarenakan NIP yangg dikeluarkan oleh BKN tidak sesuai dengan tanggal lahir ? Jawabannya NIP wajib sama dengan tanggal lahir sebagai dasar perhitungan pensiun maka Admin Aplikasi Dapodikdas akan menambahkan fitur di aplikasi tunjangan profesi untuk mengakomodir masalah ini. (tunggu info lebih lanjut).
  7. NIP Kurang 2 digit dikarenakan di aplikasi dalam penulisannya menggunakan spasi, yang seharusnya tidak menggunakan spasi. cek di PTK > Ubah selanjutnya tulis NIP tanpa Spasi.
  8. Mulok Belum Linier ?
    Jawabannya, pastikan penulisan mata pelajaran lokal pada aplikasi dapodik sama dengan mata pelajaran yang tertera pada sk penetapan bupati/ walikota/ gubernur, Misal di SK Bahasa Jawa maka di dapodik wajib di Tulis Bahasa Jawa, Jangan disingkat B. Jawa atau Bhs Jawa.
  9. Jika ada Kesalahan Nama atau tanggal Lahir di Peserta Didik (PD) dan PTK pada Pacth 207c, disarankan mendelete dan entry ulang PD maupun PTK yang salah nama atau tanggal lahir tersebut. Memang agak memakan waktu untuk entry ulangnya, karena banyak data yang harus di masukkan. saat postingan ini di buat cara inilah yang paling aman untuk dilakukan, karena banyak OPS yang akan mengundurkan waktunya untuk aktifkan kembali pacth 206, solusi ini bagi yang sudah instal Pacth 207c, bagi yang masih menggunakan pacth 206, cek ulang Nama dan Tanggal lahir Peserta Didik maupun PTK. baru setelah sudah benar2 valid silahkan instal Pacth 207c.
Batas akhir data yang akan diterima adalah akhir bulan Mei Tahun 2014 sebagai dasar penerbitan SK TPP untuk Semester 1, dalam update bulan mei penugasan di centang sampai bulan juni, dan Perlu diingat dan diperhatikan :
  • Berdo'alah sebelum mengerjakan Dapodikdas.
  • Jangan ubah2 jam karena ptk yg sudah SK JJM nya kami kunci
  • Lakukan verfikasi terlebih dahulu sebelum melakukan sinkron
  • Bagi PTK Kalau sudah cair tunjangannya Hm..hm.. jangan lupa sama operator sekolah
  • Jangan banyak bergadang karena percuma, dapodik sudah menjadwalkan dan pembagian wilayah serta pada pukul 00.00 - 03.00 wib ada maintenance jadi dipastikan nga akan bisa sinkron waduh panjang amat yah .. Pesan Admin Dapodikdas..