Cara Aktivasi PTK sampai NUPTK Permanen Aktif Tahun 2013

CARA AKTIVASI AKUN PTK
Berikut adalah Surat Tanda Bukti Verval NUPTK Lv.1 setelah oleh Operator Sekolah mengentry form A01 PTK yang isinya memuat User ID dan Kode Aktivasi PTK, guna mengaktivkan akun PTK.
Bukti Lv.1
dalam akun PTK ini untuk mengisi EDS dan Data Rinci secara online pada situs http://padamu.siap.web.id. Akun untuk login dan mengakses formulir online tersebut tertera didalam Tanda Bukti VerVal Lv.1. (gambar diatas)
klik >> Aktivasi Akun PTK
klik aktivasi ptk
akan muncul gambar seperti dibawah ini, selanjutnya Isi User ID dan Kode Aktivasi PTK yang tertera pada Surat Tanda Bukti Verval Lv.1, kemudian Klik Lanjut.
pengisian ID n kd aktivasi ptk
Isi Passwod baru untuk bisa Online Secara mandiri, bila belum punya email kosongkan dulu. Untuk perhatian dalam membuat Passwod dominasi huruf dan angka, serta mudah dihafal karena password ini untuk Login PTK.  klik Lanjut
clip_image006
Setelah mengisi/membuat password akan ada rangkuman biodata diri dan data login, cek kebenarannya bila dirasa ada yang salah di biodata diri bisa di edit melalui akun sekolah. kalo ada kesalahan pada data login klik langkah sebelumnya, selanjutnya Klik Simpan
clip_image008
clip_image010
Langkah selanjutnya ketahap Login PTK http://118.98.222.83/ berikut kami beri gambaran untuk Cara Login PTK, isikan NUPTK PTK dan password yang telah dibuat tadi.
menu login ptk
login ptk
anda akan menuju pada pengisian EDS dan data rinci PTK, Tahapan ini Guru soal EDS sejumlah 56 Nomor Soal EDS dari 8 Standar Pendidikan Nasional dan Jabatan sebagai Kepala Sekolah soalnya beda dengan guru yaitu 42 Nomor Soal EDS. Contoh Tahap isian untuk KEPSEK dan GURU.
clip_image014
berikut kami berikan Contoh untuk Staf Tata Usaha dan Guru TK tidak ada Angket EDS, jadi hanya mengisi angket data diri saja. 
clip_image016
Contoh Soal EDS untuk jabatan sebagai Kepala Sekolah.
clip_image018
Contoh Soal EDS untuk PTK ( Guru )
clip_image020
TAHAP MENGISI DATA RINCI ANDA
clip_image022
Dalam Tahapan Mengisi Data Rinci ini persis seperti Data di Pendataan Dikdas (dapodik)
Banyak data/Dokumen yg perlu dipersiapkan PTK:
1.Kartu Keluarga
2.SK Mutasi,SK Penugasan /Awal bekerja di Sekolah induk (sebagai pegawai)
3.SK PNS(sebagai PNS)
4.SK PTT/GURU BANTU bila di akui masa kerjanya atau SK CPNS ( Sebagai Pendidik/Guru )
5.Slip/Daftar Gaji Pokok terakhir
6.Sertifikat Pendidik
7.Riwayat mengajar disekolah Induk dan Non Induk(Juni 2012 s/d Januari 2013)sesuai petunjuk
8.Ijasah SD
9.Ijasah Terakhir ( bisa SMA, D2 atau S1 )
10.Sedang bersekolah/kuliah( bisa D2 atau S1 )
Contoh Data Rinci untuk di isi PTK
clip_image024
clip_image026
Isian ini cuma bisa di isi apabila anak anda sudah/masih bersekolah
clip_image028
clip_image030
clip_image032
clip_image034
clip_image036
Cara isi riwayat mengajar di SD ( Wali Kelas 24 jam ), Misal Untuk Wali kelas 6 KLIK tingkat kelas 6 Semester 1 tahun 2012 jumlah Jam 24 per minggu Klik Tambah isi lagi tingkat kelas 6 Semester 2 tahun 2013 jumlah jam 24 per minggu, Kemudian Klik Simpan Lanjut. Riwayat mengajar disekolah INDUK
clip_image038
clip_image040
Riwayat mengajar disekolah NON INDUK (kalau anda mengajar di sekolah lain isi juga ini)
clip_image042
Cara isi Riwayat mengajar di SMP (Bahasa Inggris KTSP 4 jam)
Misal kls 7 ada 7a,7b,7c,7d  PTK mengajar ada di kls 7a,7c,          dari 2  rombel jumlah   8 jam
Misal kls 8 ada 8a,8b,8c,8d  PTK tdk ada mengajar                                  rombel jumlah   0 jam
Misal kls 9 ada 9a,9b,9c,9d  PTK mengajar ada di kls 9a,9b,9c,9d dari 4  rombel jumlah 16 jam
Dari jumlah itu PTK mengajar 24 jam per minggu
SEMESTER 1
KLIK tingkat kelas 7 Semester 1 tahun 2012 jumlah   8 jam/minggu Klik Tambah
KLIK tingkat kelas 8 Semester 1 tahun 2012 jumlah      jam/minggu Klik Tambah
KLIK tingkat kelas 9 Semester 1 tahun 2012 jumlah 16 jam/minggu Klik Tambah
SEMESTER 2
KLIK tingkat kelas 7 Semester 2 tahun 2013 jumlah   8 jam/minggu Klik Tambah
KLIK tingkat kelas 8 Semester 2 tahun 2013 jumlah      jam/minggu Klik Tambah
KLIK tingkat kelas 9 Semester 2 tahun 2013 jumlah 16 jam/minggu Klik Tambah
Kemudian klik Simpan Lanjut, Lihat hasilnya gambar di bawah
clip_image044
clip_image046
clip_image048
clip_image050 
3. TAHAP VERIFIKASI DATA ANDA
clip_image052
Setelah di KLIK CETAK AJUAN
clip_image054
Lihat gambar di atas Cek ulang kembali apakah data tersebut sudah benar, baru anda mencentang kotak sebelah kiri yang artinya anda sudah setuju.Kemudian Klik tanda Setuju & Cetak Ajuan.
Setelah anda Klik tanda tersebut maka akan keluar S03a (Surat Pengajuan Verval Lv.2 – NUPTK) dalam format PDF. Apabila anda tidak terhubung ke mesin cetak (printer) maka simpan formulir tsb dan sewaktu-waktu dapat anda cetak. Setelah anda cetak S03a maka segera tanda tangani dan serahkan kepada Operator / Admin sekolah dan sertakan pula berkas yang diminta dalam S03a tersebut, contohnya yg tertulis dibawah ini, agar di cek ulang kebenarannya data tersebut oleh admin. Dan anda tinggal menunggu Surat Pakta Integritas PTK nya.
Dibawah ini contoh Surat S03a.
s03a
Bersama surat ini saya lampirkan:
1 Copy Ijazah (Selain SD dan ijazah terakhir) -->Ijasah SD/MI
1 Copy SK CPNS/PNS           <---sudah jelas
1 Copy SK Golongan Terakhir  <---sudah jelas
1 Copy SK Penempatan Tugas  <---SK bertugas/SK Mutasi disekolah induk sekarang
1 Copy SK Penugasan Mengajar dalam 5 tahun terakhir (SK Pembagian Tugas)
1 Copy Sertifikat Profesi Pendidik
Bagi OPR/Admin sekolah yang sudah menerima Surat Pengajuan Verval Lv.2 PTK serta meneliti berkas yang diajukan PTK, Segera LOGIN SEKOLAH dan buka Verifikasi & Validasi. Kemudian Klik Entri Pemeriksaan Berkas PTK tsb. Gambar dibawah ini.
clip_image057
Setelah OPR/Admin menekan tombol Entri Pemeriksaan Berkas maka terbuka Verifikasi Level 2 Pendidik & Tenaga Kependidikan ( Pilih PTK ), seperti gambar dibawah ini. Dan PTK yang keluar adalah PTK yang sudah keluar/cetak print surat S03a.
clip_image059
Kemudian Klik PTK tersebut maka terbuka Biodata PTK, dan cek ulang kembali. Setelah biodatanya sudah benar anda (OPR sekolah) tekan tombol lanjut (bawah sebelah kanan)
clip_image061
Setelah anda tekan tombol lanjut, maka keluar data rinci PTK, seperti gambar di bawah ini
clip_image063
clip_image065
Setelah Data Rinci PTK sudah benar maka tekan tombol lanjut, yang terbuka adalah Kelengkapan Berkas seperti gambar di bawah ini.
clip_image067
Bagi rekan OPR / Admin sekolah segera centang kotak kelengkapan berkas jika berkas tersebut benar-benar ada, dan jangan  dicentang bila berkas masih kurang lengkap (kembalikan pada PTK untuk melengkapi). Apabila berkas sudah terpenuhi maka klik tombol simpan, kemudian muncul Cetak Tanda Bukti dan tekan tombol Cetak, seperti gambar dibawah ini.
clip_image069
Surat S07b Pakta Integritas untuk Kepala Sekolah
Contoh Surat S07a dan S04a Pakta Integritas untuk PTK yang diberikan ke Operator Dinas
clip_image071
Surat S04a ditanda tangani oleh OPR/Admin sekolah dan Surat S07a ditanda tangani oleh PTK yang bersangkutan dengan materai Rp.. 6.000,- serta ditanda tangani oleh kepala sekolah. Dengan keluarnya surat S04a dan S07a maka PTK tersebut sudah mendapatkan bintang 3. Untuk memperoleh bintang 4, maka surat S07a dan S04a harus di bawa ke OPR / Admin Dinas Pendidikan Kab/Kota dan jangan lupa membawa KTP (PTK yang bersangkutan) untuk mendapatkan Validasi. Setelah divalidasi oleh OPR/Admin Dindik Kab/Kota, maka NUPTK sudah aktif dan bintangnya menjadi 4.Mintalah tanda bukti penerimaan Pakta Integritas Surat S08a dari OPR/Admin Dinas

clip_image073

s08a
"Bagi Kepala Sekolah Belum Bisa Mendapatkan Surat S03a Jika Seluruh PTK di Lembaga yang Dipimpinnya Belum Mmperoleh Bintang 4 dan mengisi EDS Siswa"
Tombol ini untuk Keluar dan untuk memudahkan untuk Login kembali
clip_image075
Referensi : http://sdn-sungailembu.blogspot.com/2013/06/cara-aktivasi-login-ptk-agar-status.html#ixzz2ZtKZAFZJ
Untuk Panduan Pengisian EDS dan Data Rinci Silahkan Download : Form Data Rinci PTK, Form EDS Kepala Sekolah,
Untuk Melihat NUPTK sebelum di Update di Padamu Negeri NUPTKWEBROWSER.rar