CARA VERVAL NUPTK DI PADAMU NEGERI

PADAMU NEGERI (singkatan dari Pangkalan Data Penjaminan Mutu Pendidikan Negara Kesatuan Republik Indonesia) merupakan Layanan Sistem Informasi Terpadu Online yang dibangun oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan - Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMPK-PMP). PADAMU NEGERI dibangun sebagai pusat layanan data terpadu yang bersumber dari/ke sistem transaksional BPSMPK-PMP Kemdikbud lainnya, meliputi: Evaluasi Diri Sekolah (EDS), NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan), Sertifikasi PTK, dan Diklat PTK.

ALUR 01 - PENGUNDUHAN & PENYERAHAN FORMULIR A01 / A02 / A03 / A04
  1. Unduh Formulir di Situs http://padamu.kemdikbud.go.id
  2. Formulir yang diunduh tergantung kondisi NUPTK. Jika NUPTK berada di sekolah induk dan sudah  tercatat aktif di sekolah induk, maka yang diunduh secara otomatis adalahFormulir NUPTK-A01. Isi data dengan lengkap sesuai petunjuk dilampiri Foto Berwarna 4x6 1 lembar, 1 lembar Foto Copy Akte Kelahiran, 1 lembar Fotocopy Ijazah SD, 1 lembar fotocopy ijazah terakhir, 1 lembar fotocopy SK Pengangkatan Kepegawaian.
  3. Formulir yang sudah diisi diserahkan kepada Admin/Operator Sekolah.
  4. Setelah berkas divalidasi Admin/Operator Sekolah, PTK akan mendapatkan Tanda Bukti VerVal Lv.1
ALUR 02 - AKTIVASI AKUN & PENGISIAN FORMULIR ONLINE
  1. Setelah mendapatkan Tanda Bukti VerVal Level 1dari Admin/Operator Sekolah. PTK harus mengaktifasi akun-nya secara mandiri lewat internet, dilanjutkan dengan melakukan pengisian data rinci pada situs http://padamu.siap.web.id. Akun untuk login dan mengakses formulir online tersebut tertera didalam Tanda Bukti VerVal Lv.1
  2. Data yang harus diisikan adalah : -Melengkapi Formulir Isian EDS (Evaluasi Diri Sekolah). - Melengkapi Data Rinci NUPTK.
  3. Setelah semua data disi, PTK kemudian mencetak lembar pengajuan VerVal lv.2.
  4. Serahkan berkas dan Kode Pengajuan VerVal lv. 2 ke Admin/Operator Sekolah. Setelah divalidasi, PTK akan mendapatkan Tanda Bukti VerVal Lv.2 yang menyatakan bahwa NUPTK yang bersangkutan telah PERMANEN AKTIF tahun 2013.  
ALUR 03 - VERIFIKASI & VALIDASI (VerVal) FORMULIR A02 / A03 / A04  
  1. Alur ini dijalani oleh PTK yang ketika Unduh Formulir ternyata mendapatkanFormulir NUPTK-02 atau Formulir NUPTK-03. Formulir 03 adalahNUPTK berada pada sekolah yang belum verifikasi. Sedangkan Formulir 02adalah NUPTK dinyatakan tidak aktif pada sekolah induk. KhususFormulir 04 adalah untuk Pengawas Sekolah. 
  2. Isi data pada Formulir 02/03/04 sesuai petunjuk. Setelah itu, Formulir diserahkan kepada Admin/ Operator Dinas Dikpora Kabupaten. Setelah formulir diverifikasi, Ops akan memberikan Formulir A01 untuk PTK yang menyerahkan Formulir A02 & A03, sedangkan untuk PTK yang menyerahkan Formulir A04 (Pengawas Sekolah), petugas memberikan Tanda Bukti VerVal lv.1 
ALUR 04 - VERIFIKASI & VALIDASI (VerVal) FORMULIR A01
  1. Alur ini dijalani oleh Petugas di lokasi Sekolah setelah menerima Formulir A01 dari PTK.
  2. Setelah formulir diverifikasi, petugas memberikan Tanda Bukti VerVal lv.1 kepada PTK. PTK kemudian melakukan seperti yang sudah dijelaskan dalam alur 01-alur 02 sampai kemudian NUPTK menjadi PERMANEN AKTIF.
  3. Jika data PTK tidak ditemukan dalam sistem, maka petugas memberikan Formulir A02 kepada PTK.PTK menyerahkan kembali kepada Operator Dinas Dikpora Kabupaten.
ALUR 05 - VERIFIKASI & VALIDASI (VerVal) FORMULIR ONLINE & BERKAS
  1. Alur ini dijalani oleh Petugas di lokasi Sekolah maupun di lokasi Dinas Pendidikan, setelah menerima Pengajuan VerVal berupa KODE VerVal dari PTK.
  2. Setelah melakukan verifikasi dan validasi hasil isian PTK, petugas memberikan Tanda Bukti VerVal Lv. 2 kepada PTK. Maka PTK yang bersangkutan dinyatakanPERMANEN AKTIF.
Demikian gambaran sekilas tentang Alur Verifikasi dan Validasi NUPTK 2013. Untuk lebih jelasnya kita tunggu saja tanggal mainnya.
   
LANGKAH PERTAMA PENGISIAN KODE AKTIVASI
Masukkan Siap ID dan Kode Aktivasinya yang sudah anda terima   



LANGKAH KEDUA IDENTITAS ADMIN/ OPERATOR

tahap1
tahap2
  1. Dalam tahap ini diisi secara detil biodata operator sekolah, yang perlu  diperhatikan adalah email dan password karena digunakan untuk : - Untuk login layanan Siap online, - Mengaktifkan fitur lupa password jika diperlukan.
  2. Isi semua biodata operator , dalam menggunakan password diusakan kombinasi angka, huruf besar dan huruf kecil. Karena anda bertanggung jawab penuh terhadap keamanan login anda.
LANGKAH KETIGA PROFIL SEKOLAH
Pada tahap ini operator mengisi profil sekolah yang data-datanya akan ditampilkan di laman web profil sekolah
tahap3


LANGKAH KEEMPAT PENENTUAN LOKASI SEKOLAH
  1. Tekan tombol plus untuk memperbesar peta sesuai keinginan biar lebih terlihat lokasi sekolahnya.
  2. Arahkan peta ke lokasi sekolah anda kemudian klik kiri pada peta untuk mengarahkan poniter (tanda merah pada peta) 
peta
peta lokasi


atau lebih jelasnya silahkan download :


Postingan Kami ini Semoga Bermanfaat