Cara Entry Nilai Rapor SD

Entry Nilai Raport ini menggunakan Biosystem Online datasd.pdkjateng.go.id dimana setiap sekolah telah memiliki user maupun password yang sebelumnya dipergunakan untuk entry Siswa UN. Operator Sekolah dapat membuka lagi Biosystem Onlinennya dan mempelajari Cara Entry Nilai Rapor SD dibawah ini :  
  1. silahkan anda buka datasd.pdkjateng.go.id
  2. setelah masuk pada halaman seperti gambar di bawah ini silahkan klik Kelas VI dan pilih Action dan muncul Entry Nilai Rapor silahkan klik dan akan muncul gambar seperti di bawah ini :
  3. Selanjutnya pada Menu Formulir Centang Pengimputan data nilai dilakukan oleh Kepala Sekolah dan centang pula Sama dengan User Name Pendataan.
  4. Setelah itu buka Menu Mapel Mulok dan isikan mapel mulok yang ada disekolah anda masing masing :
  5. Gambar berikut adalah untuk memasukkan nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) dimana setiap sekolah sudah membuatnya, dan isikan pada kolom tersebut dari setiap mapel semester 7 sd 12 ditambah Ujian Sekolah (US) :
     
  6. Setelah Nilai KKM semua mapel terisi selanjutnya kita buka menu Imput Nilai, isikan semua nilai pada siswa antrian 1 s/d 5 dan sampe antrian siswa terakhir, setelah selesai semua, unduh hasil entrian kita ini di gambar/ icon Pdf, klik saja nanti kita akan diminta simpan, selanjutnya buka dan cek semua mapel yang ada di Pdf ini, akan ketahuan mana yang belum di entry,  :

    dan jangan sekali kali dalam buka menu validasi data anda mencentang " “Saya Sudah Yakin bahwa Data Sudah Valid” dan “Cetak Daftar Nilai Sekolah” bila OPS belum yakin akan kevalidan nilai yang sudah di entry. karena berakibat fatal, data akan terkunci dan tidak bisa direvisi lagi, kalo pun sudah valid dalam memvalidasi menunggu perintah resmi dari Dinas Dikpora. 

    Cek sekali lagi kebenaran data nilai ini dengan teliti sebalum anda nanti memvalidasi data.


    Ringkasan Gambaran Entry Nilai Rapor SD :
  1. Kolom Nilai Yang Dimasukkan Antara 0.00 - 100.00, Contoh Pengisian Nilai Agama :
  2. Mapel Mulok Mapel Mulok Disediakan Maksimal 5 Mapel Mulok, diisi Sesuai Dengan Mapel Mulok di Sekolah, Boleh 1, Boleh 2, Maksimal 5, Lihat Gambar :
    Cara Pengisian Mapel Mulok Pada Biosystem Online :
  3. Ketidakhadiran : Kolom Sakit, Ijin dan Tanpa Keterangan diisi jumlah hari ketidakhadiran siswa :



Kolom Keterangan : Diisi dengan deskripsi singkat tentang predikat prestasi dan ketercapaian kemampuan sesuai dengan keterangan yang tertulis dalam rapor. Misal : Cukup: Penguasaan materi baik, sikap percaya diri dan kemampuan berargumentasi kurang, kerjasama dan kedisiplinan cukup.

Download Format Rapor
Video Tutrial Entry Nilai Rapor